Senin, 22 Oktober 2018

Foto MENOLOGIUM SUSTER EMANUEL HARIS


Baru beberapa hari para suster berada di tanah impian, sudah harus merelakan seorang rekan yang dipanggil Tuhan. 

Suster Emmanuel satu dari tujuh suster pionir di Batavia telah menderita sakit selama pelayaran. Sesudah menerima Sakramen orang sakit, ia mempersembahkan hidupnya yang muda belia dalam usia 27 tahun. 

Pada tanggal 11 Februari l856 ia menyelesaikan  perjalanannya  di dunia ini dan pindah ke tanah air abadi. Sr Emmanuel Harris adalah Misionaris Ursulin pertama yang meninggal di sini. 

Pada tanggal l3 Februari 1856, Monseigneur Vrancken, para pastor dan para suster serta beberapa orang katolik mengantarkan jenazah Suster Emmanuel tercinta ke makam di Bidaracina.
Terjemahan “Menologium” Sr Emmanuel Harris adalah sebagai berikut: 

Sr. Emmanuel lahir di London 21 Januari 1829. Masuk biara Suster Ursulin di Sittard. Walaupun kesehatannya tidak baik namun beliau sangat berapi-api untuk pergi ke misi. Setelah berdoa dan mohon untuk pergi ke misi akhirnya Pastor Lambertz – Pendiri biara Suster Ursulin- mengabulkannya. Selama perjalanan Sr. Emmanuel menderita sakit berat . 

Tanggal 7 Februari 1856 beliau sampai di Noordwijk, tanggal 11 Februari beliau menerima Sakramen orang sakit dan tengah malam beliau menghembuskan nafas terakhir dan menyerahkan jiwanya kepada Tuhan. 

Ini kurban besar yang Tuhan minta sehubungan dengan pembukaan misi baru -karena beliau salah satu pionirnya – bahkan mungkin yang paling utama- beliau mempersembahkan hidupnya. Beliau meninggalkan kenangan yang indah: kerendahan hati dan pemberian diri yang utuh kepada kehendak Tuhan. R.I.P (Sumber dari Buku URSULIN PENDIDIK PEREMPUAN PERTAMA DI INDONESIA Derap Langkah 160 Tahun, Komunitas Ursulin Santa Maria, Jakarta. Hal. 39&42)

Edukator, Mengkomunikasikan Koleksi dan Program Edukasi

  ki-ka: Ibu Jumiati ,Bpk. Gumilar Ekalaya, Bpk. Yiyok T. Herlambang, Bpk. Mursidi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PemProv DKI Jakarta...