Jumat, 08 September 2017

Kunjungan Istimewa Dari Roma



Pimpinan dan Dewan Jenderal Ordo Santa Ursula Uni Roma mengadakan visitasi ke Ursulin Provinsi Indonesia selama 52 hari. 

Dua suster Dewan yaitu Sr. Ann Marie, OSU dan Sr. Moekti Gondosasmito, OSU menginap di komunitas St Maria Juanda Jakarta selama 1 minggu (28 Agustus s.d 4 September 2017). Selain mengunjungi seluruh unit sekolah, kedua suster juga mengunjungi museum St Maria persis hari libur Idul Adha. 

Sekitar jam Sembilan pagi, para volunteer museum, Ibu Gina Sutono, Aji dan Nindya menyambut mereka ditemani Sr. Elisa OSU. Sr. Lucia Anggraini, OSU memperkenalkan satu persatu para volunteer kepada kedua suster itu. Pertama tama mereka diajak ke ruang Audio untuk menyaksikan film singkat tentang Museum Santa Maria. Usai menonton film, Ibu Gina menjelaskan latar belakang dan konsep pendirian aaal museum. 

Setelah itu masuk ke tiap tiap ruangan. Sr. Moekti membantu mengalihbahasakan penjelasan Ibu Gina dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris untuk Sr, Ann Marie. 
Beberapa kali Sr, Ann berhenti pada obyek pamer serta menatap lama. Sr Ann, tampak betul betul mengagumi museum. Saat di ruang lobi , Sr Ann Marie, melihat banner bertuliskan “Mahakarya Ursulin sejak 1856” beliau tampak antusias dan meminta foto selfi disamping banner tersebut. 

Menurut Sr. Lucia, Sr Ann Marie terkejut karena usia Ursulin di Indonesia dan Ursulin di Inggris tidak berbeda jauh usianya. Ursuline masuk ke Inggris tahun 1862 namun saat ini jumlah Ursulin disana tercatat 39 suster. Sedangkan di Indonesia hingga saat ini tercatat 244 suster Ursulin. 

Sebelum pamit, Sr. Moekti menyampaikan terima kasih atas kesediaan para volunteer membantu memelihara dan mengelola Museum Santa Maria khususnya karena mau hadir walau tanggal.merah. Sedangkan Sr Ann Marie memberikan kesan dalam buku tamu yang ditulisnya “A very inspiring and interesting collection”.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...