Jumat, 06 Oktober 2017

KALAU ADA YANG BERBAU ANTIK , SAYA PASTI DATANG

Saya baru tau disini ada museum. Padahal anak saya sejak SD sampai sekarang kelas delapan di sini.”

Kata bu Siskawati, warga Tomang saat mengunjungi museum, Rabu, 27 September 2017 sekira jam 10.30. 

“Tadi habis ada pertemuan orang tua wali, pas mau pulang lewat juanda, lihat pintu besi yang biasanya tutup kok sekarang buka. Setelah masuk lho kok terang eeeh bener kata anak saya, ternyata ada museum.” Lanjutnya disela sela menikmati kunjungan. 






“Saya suka sekali dengan yang kuno kuno, kalo ada hal hal yang berbau lawas dan antik itu saya pasti datang.”

Ketika di Ruang Misi Bu Siska, sambil menunjuk kea rah mata uang kembali berkomentar 

“Ini saya masih punya ini uang dua setengah rupiah. Ini juga saya punya yang satu rupiah. Yang sebelum kemerdekaan mana? Yang jaman Belanda?” 

Tanya Bu Siska sambil matanya berkeliling mencari. Begitu komentar Ibu Siskawati. Saat di ruang relikui beliau bertanya lagi , 

“Ruang ini kan termasuk yang istimewa, berapa kali tempat ini didoakan? Boleh tidak saya doa disini?” 

Setelah beberapa saat berdoa, bu Siska pamit. Sebelum meninggalkan museum, bu Siska dalam buku tamu menulis pesan 

“Sangat bagus, perawatan benda benda bersejarah lebih ditingkatkan terutama terhadap kutu/ngengat pada buku buku bersejarah.”***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...