Jumat, 17 November 2017

Inspirasi Menjadi Orang Baik 





Jam Sembilan pagi, di hari Jumat, 27 Oktober 2017, rombongan siswa siswi  SD Vincentius Otista Jakarta Timur  datang ke Museum Santa Maria menggunakan dua bus sedang.  

Oleh sekuriti  disambut dan diarahkan sekuriti masuk hall Museum.  Didampingi  lima orang guru, rombongan  disambut Suster  Lucia. Suster menyapa dengan memperkenalkan Museum Santa Maria  dengan cerita singkat.  Suster juga  memberikan beberapa pertanyaan  yang dijawab siswa siswi dengan semangat. 

Pembatas buku diberikan sebagai hadiah kecil bagi yang bisa menjawab pertanyaan. Setelah itu dilanjutkan dengan menonton film pendek  perjalanan para suster Ursulin di Indonesia.

Usai menonton film pendek,  rombongan dibagi menjadi  empat kelompok dan segera berkeliling museum. Selama hampir dua jam rombongan anak anak berkeliling dan bertanya tentang banyak hal yang baru diketahui atau dilihatnya.  

Setelah nonton film pendek  dan berkeliling, suster memberikan pertanyaan apa kesan yang  yang  dapat dipelajari, anak anak itu menjawab dengan bersemangat, begini antara lain jawaban mereka: 

 “Saya terinspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik” “ Wawasan saya menjadi lebih luas”  
“Saya lebih tahu tentang Suster-suster Ursulin”  

“Para suster pendahulu menjadi pionir yang bertanggung jawab sehingga semangatnya diteruskan sampai sekarang” 

 “Saya lebih tahu tentang Santa Angela dan mengapa Santa Angela mengambil nama Pelindung Santa Ursula” 

 “ Dengan adanya relikwi, berarti kekudusan mereka disebarkan kemana-mana.” 



Belasan menit sesudah jam sebelas, rombongan pamit. Suster menghantar sampai depan pintu gerbang, kemudian melambaikan tangan saat bus perlahan menembus kemacetan jalan Juanda, meninggalkan Museum Santa Maria.*** 

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...