Kamis, 25 Januari 2018

MENEMANI ARBAIN MOTRET

   

Arbain Rambey, seorang fotografer professional dan seorang wartawan foto salah satu media nasional, memperbarui foto area kompleks Santa Maria. Foto lama koleksi museum Santa Maria hanya menampilkan tampak muka dan bagian depan gedung Santa Maria, tidak ada foto area komplek Santa Maria dan sekitarnya. 


Menggunakan drone, Rabu pagi 20 Desember 2017 di halaman kebun Biara Santa Maria, Arbain, menjadi relawan yang khusus membantu bagian dokumentasi foto, mengendalikan drone dari panel yang menyatu dengan gawainya. Setelah beradaptasi dengan cuaca, Arbain mulai mengarahkan drone untuk mengambil gambar di bawahnya.
Sayangnya area depan dari Komplek Santa Maria di jalan Juanda tidak dapat diambil gambarnya. Hal ini karena komplek Santa Maria berada di area ring satu Istana Negara. Bila drone diarahkan ke atas gedung Santa Maria bagian depan, dikhawatirkan dicurigai sebagai mata mata musuh, maka pengambilan foto tampak depan gedung Santa Maria dibatalkan. Sekitar sejam sejak jam sepuluh pagi, pengambilan foto diulang dua hari kemudian karena cuaca yang kurang bersahabat. 

Di hari kedua pemotretan, Jumat 22 Desember, Arbain mengendalikan drone dari halaman parkir SMP Santa Maria di jalan Batu Tulis Raya. Cuaca hari itu sangat mendukung proses pemotretan yang dilakukan sejak jam delapan pagi. Selama kurang lebih sejam Arbain ditemani Pak Amir assistennya, memotret area komplek Santa Maria dan sekitarnya.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...