Jumat, 02 Februari 2018

FUMIGASI BASMI SERANGGA

Rayap dan ngengat serta serangga lain selama ini jadi momok yang menakutkan bagi para pengelola perpustakaan atau arsip atau museum yang mengelola dan memelihara buku serta berbagai kertas dokumen. 



Museum Santa Maria juga mengalaminya, banyak sekali berbagai dokumen dan arsip yang rusak karena serangga tersebut. Meskipun kelembaban ruangan juga menjadi salah satu masalah namun yang paling cepat merusak adalah serangan serangga itu.


Jumat 19/01/2018 Ibu Ayu, Pak Cecep, dan Pak Aris dari Perpustakaan Nasional Senen, Jalan Salemba Raya 28A, melakukan fumigasi di salah satu ruang di museum Santa Maria. Semua dokumen dan buku dikumpulkan dalam satu ruang kemudian dilakukan fumigasi. Sebelum fumigasi dilakukan semua pintu dan celah keluar ruangan ditutup rapat dengan plastik agar asap beracun tidak keluar ruangan. 
Fumigasi adalah proses pengasapan untuk membunuh hama dan serangga. Caranya dengan meletakkan tablet seukuran kuku jari jempol orang dewasa yang diletakkan diatas wadah kertas, kemudian diletakkan di lantai. Dua jam kemudian tablet itu bereaksi tanpa mengeluarkan asap. 

Tablet yang mengandung phosphor perlahan lahan menguap dan mengeluarkan gas beracun yang menyerang berbagai serangga yang ada di dalam buku. Meskipun asap tidak nampak, namun gas yang muncul hasil proses kimiawi dari tablet itu sangat beracun bahkan bagi manusia sekalipun. Maka selama tiga hari dua malam sejak jumat 19 Januari sampai minggu sore 21 Januari Museum Santa Maria ditutup. 

Minggu sore sekitar jam 15.00 Pak Cecep dan Pak Aris datang membongkar plastik dan membuka ruang yang digunakan untuk fumigasi agar udara beracun dari proses fumigasi segera hilang karena Senin esoknya Museum dan sekolah kembali aktif. Masih dibutuhkan waktu lagi untuk mengembalikan arsip-arsip pada tempatnya. Terima kasih kepada Ibu Ayu, Pak Cecep, dan Pak Aris yang telah membantu proses fumigasi. Terima kasih juga kepada para donatur Ibu Linda Surya dan Ibu Mariani Ojong***


Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...