Jumat, 13 April 2018

Disini Tenang Di Luar Crowded

Jumat siang, disela jam istirahat kantor, Pak Albertus, seorang karyawan perusahaan teknologi tak jauh dari Komplek Santa Maria, mengunjungi Museum, 06/04/ 2018. 




Ia mengaku dulunya alumni Ursulin (SD) di jalan POS tapi baru sekali ini ke museum.

Saat masuk di ruang Angela dan ruang misi, sempat ragu-ragu sejenak apakah akan melanjutkan atau menyudahi kunjungan. Namun karena merasa tanggung sekalian saja dituntaskan kunjungannya, toh hanya kecil sangka Pak Albert. 
Saat dibawa menuju Galery, Pak Albert terkejut karena ternyata area museum cukup luas dan tenang. “Disini tenang ya, padahal di luar crowded. luas lagi.” Kesan pak Albert saat berkeliling. Sayangnya Pak Albert merasa kurang maksimal menikmati karena sebentar-sebentar menatap pesan yang sering muncul di layar HPnya. 

“Maaf ga bisa lama, ada panggilan.” Katanya. 

Meski hanya sebentar Pak Albert terkesan dan ingin datang lagi ke museum. “Nanti saya bawa orang lingkungan deh. Museumnya buka kapan saja ya?” Setelah dijelaskan bahwa museum buka setiap Senin, Rabu dan Jumat jam sembilan sampai jam satu siang, dan untuk hari lain museum buka perjanjian terlebih dahulu Pak Albert bersemangat. 

“Siap nanti saya ajak umat lingkungan berkunjung.” Katanya seraya menulis kesan di buku tamu “Bagus Terpelihara” ***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...