Rabu, 06 Juni 2018

You speak English, I speak Indonesia

Siang itu Jumat, 4/5/2018 seusai makan siang, seorang turis berjenggot dan berkumis putih tebal bertamu ke Museum Santa Maria. Di depan hall museum ia menyapa kami, “Hi…. Can you speak English?” Saat dijawab sedikit bisa, langsung ia menyambar “You speak English, I speak Indonesia.” 
Hay Coppens bersama Robet staff Unit Produksi SMK Santa Maria 


Ia tertawa. “Hay Coppens “ Ia memperkenalkan diri. Hay Coppens berasal dari Belanda dan pernah lama tinggal di Papua Indonesia. Di Jakarta ia sering menginap di Panti Asuhan Vincentius Putra. Hay pernah mengajar Teologi di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Fajar Timur pada masa Sr De Yanshak (Misionaris Ursulin yang telah kembali ke Amerika). Hay datang untuk melihat museum dan mau pamit, karena Senin sore akan kembali ke Belanda. Memang Hay sering datang ke Indonesia untuk membantu menterjemahkan Sejarah beberapa tarekat religius dan pernah bertemu dengan Sr Lucia.
Siang itu selama kurang lebih tiga jam, kami ngobrol dan menemani Hay keliling museum. Hay Coppens memberi banyak masukan untuk Museum Santa Maria. Beberapa koleksi ia kenal dan memberikan informasi tambahan untuk koleksi kami. Salah satunya adalah bejana air dan pispot. Hay menjelaskan bahwa pada masa lalu instalasi air bersih belum ada yang sampai ke kamar sehingga para suster dan penghuni asrama wajib membawa bejana berisi air dan pispot. 

Di ruang Liturgi dan Relikui, Hay juga memberi banyak sekali masukan bagaimana menampilkan benda pamer agar pengunjung tertarik. Seperti bagaimana jubah atau stola itu dipamerkan dan tambahan terjemahan beberapa sertifikat relikui. Hay juga berjanji akan membantu semampunya apabila dibutuhkan. Tawarannya kami sambut dengan sukacita. Setelah puas berkeliling, Hay pamit dan menuliskan pesan di buku tamu “Volunteer sangat mengesankan dan museum juga!!”***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...