Senin, 01 Oktober 2018

“Baru Tahu Kalau Ada Museum”…

Kamis Siang 20/9/2018 setengah jam sebelum tengah hari, seorang Ibu bergegas masuk ke Museum dari arah lorong SMK. Tak lama kemudian beberapa bapak ikut menyusul. Mereka diajak ke Museum oleh seorang guru SMK lalu masuk langsung menuju Ruang Misi. 



Rombongan berpakaian batik rapi yang datang ke Museum Santa Maria itu adalah rombongan dari Suku Dinas Pendidikan (Sudin) Provinsi bagian Lingkungan Hidup yang sedang mem-verifikasi Kebersihan dan Keasrian Kompleks SMK St Maria. Beberapa dari mereka mengunjungi lokasi dapur SMK yang bersebelahan dengan Museum. SMK Santa Maria masuk dalam nominasi sekolah dengan penataan lingkungan hidup terbaik untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari DKI. 

Mereka bergegas datang ingin tahu dan melihat seperti apakah museumnya. Mereka terkejut dan kagum bahwa di lingkungan Sekolah ada Museum. “Baru tahu kalau ada Museum,” ujar Ibu Diana Pakpahan. Agenda yang padat, membuat mereka langsung menuju ke Ruang Misi dimana tersimpan berbagai koleksi dari daerah-daerah tempat para Suster Ursulin berkarya. Disitu juga tersimpan penghargaan MURI untuk Sekolah Ber-asrama Putri Pertama di Indonesia.
Dari sekian banyak koleksi yang dipamerkan, mereka cukup antusias dengan numismatik atau koleksi uang. Koleksi uang Museum Santa Maria adalah milik para suster sejak lampau hingga sekarang yang menunjukkan luasnya relasi dan transaksi karya. 

Uang yang dipamerkan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia dari 5 benua, sejak abad 18 sampai dengan sekarang. Rupanya ada seorang Bapak yang mempunyai koleksi koin lama tahun 1930 dan dibawa kemana-mana. “Saya juga punya ini, “ katanya dengan bangga, ingin menunjukkan bahwa ia juga penggemar koleksi koin lama. 

Dari Ruang Misi mereka melanjutkan ke Galeri, namun karena waktu yang sangat singkat, mereka hanya sempat melihat sepintas dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan. Ada yang berkomentar: “Lain kali kalau datang kesini mesti dijadwalkan untuk mengunjungi museum.” Sebelum pamit mereka meninggalkan pesan di buku tamu “Sangat baik, ramah & mohon diinfokan ke masyarakat, ada museum Santa Maria.”***


Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...