Rabu, 03 Oktober 2018

Bukan Ke Mall Tapi Ke Museum

“Eeh bukannya ke mall malah ke museum, waktu diajak merasa agak aneh tapi ya ditemani saja. Pertama ke Museum Taman Prasasti, ternyata tutup. Ke museum Katedral masih renovasi, pilihannya ya kesini Museum Santa Maria.” 



Cerita Pak Lius mengisahkan perjalanannya dengan Mas Bona saat berkeliling Museum Santa Maria, Senin 24 September 2018. Mereka berdua datang hampir jam 11 dan selama satu setengah jam menikmati sejarah koleksi Museum Santa Maria. 

Mas Bona mengunjungi museum Santa Maria setelah seminggu sebelumnya mengikuti seminar yang diselenggarakan kantornya di Jakarta. Sementara Pak Lius warga asli Jakarta tinggal di sekitar Gunung Sahari. “Ke Santa Maria sudah beberapa kali tapi kalo ke Museumnya ya baru ini, dan ternyata menarik juga.” Pak Lius melanjutkan. 

“Sejarahnya, saya suka dengan sejarahnya. Tiap mampir ke kota lain selalu yang dicari museumnya atau tempat lain yang menarik. Bukan mall.” Timpal Mas Bona.yang tinggal di Solo tetapi bekerja di sebuah bank di Jogja.

Kecintaannya dengan museum dan sejarah ditunjukkan Mas Bona lewat foto-foto yang tersimpan di kameranya. Mas Bona sendiri seorang jurnalis, aktif terlibat dalam media online terutama bidang sejarah. Sudah banyak tempat bersejarah yang ia kunjungi. Dan Museum Santa Maria menjadi salah satu tempat yang istimewa bagi Mas Bona. 

Sejarah sekolah Santa Maria yang sudah seratus enampuluh tahun dan masih akan terus berlanjut menjadi salah satu alasan menarik. Suasana museum yang damai karena berbatasan langsung dengan kebun biara juga menjadi salah satu alasan mengapa harus datang ke Santa Maria. 

Mas Bona pun memvideokan suasana sekitar museum dan kebun biara dengan kamera handphonenya. Mas Bona berharap Museum Santa Maria dapat dikenal publik lebih luas. Hal itu ia tekankan saat menulis pesan di buku tamu “ Nice, semoga bisa dikenal oleh masyarakat awam lainnya.” Sementara pak Virgilius menulis “semoga selalu dipelihara, sejarah yang sangat berharga.”.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...