Kamis, 14 Maret 2019

Seluk beluk Relikui



Relikui para kudus menjadi perhatian khusus Frater Samuel Sonny Gunawan, OP, alumni SMP Santa Maria saat berkunjung ke Museum Santa Maria Selasa, 8 Januari 2019.

Frater Samuel kagum dengan banyaknya koleksi relikui dan masih terawat baik. Kemudian ia menceritakan relasi antar biara, “Di Jerman bagian utara dan Belanda bagian Selatan itu banyak biara-biara, dan mereka saling mendukung diantara biara-biara tersebut meski berbeda ordo atau kongregasi. 

Nah ketika ada biara yang bermisi, biasanya mereka menyumbangkan dana. Tetapi bila tidak memiliki dana, mereka memberikan yang terbaik yang dimiliki biara. Apa itu? Ya relikui,” jelas frater yang sering juga dipanggil Frater Sonny.

Ia punya banyak pemahaman dan sangat tertarik dengan relikui. Frater Sonny menjelaskan siapa saja yang berhak mengeluarkan sertifikat. 

“Yang pertama itu uskup keuskupan setempat, kemudian Magister General atau general-nya di biara pusat. Berikutnya Provinsial dan yang terakhir adalah administrator keuskupan yang biasa disebut POSTULATOR. Jadi kalo ada sertifikat dengan tulisan Postulator maka itu yang mengeluarkan sudah pasti administrator keuskupan.” 

Beberapa relikui juga menjadi perhatiannya, “Disini relikuinya lengkap, termasuk ada Relikui Santo Yoseph & Bunda Maria dan juga para rasul. Saran saya nanti dibuat ruang yang agak lebih besar kemudian diurutkan mulai dari Bunda Maria dan Santo Yoseph kemudian Salib Yesus, para Rasul, terus para kudus pendiri Ordo dan relikui para Kudus sesudahnya. Jadi ada urutannya.” 

Usul dan saran yang berharga itu kami catat untuk menjadi pe-er penataan museum selanjutnya, TERIMA KASIH FRATER SONNY.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...