Jumat, 12 April 2019

“Kawan, Jangan Kesal.”

Dari ruang Makan, Pak Frans melanjutkan tour ke Ruang Rekreasi. Ruang rekreasi bersebelahan dengan Ruang Makan. Di Ruang Rekreasi dipamerkan berbagai macam papan permainan yang dahulu digunakan para suster dalam setiap acara kebersamaaan, khususnya setelah makan malam. 

Salah satu papan permainan adalah Ludo. Ludo biasa dimainkan dua sampai empat orang, tetapi di Museum Santa Maria, papan Ludo bisa dimainkan sampai enam orang. Masing masing pemain memiliki empat pion. Tujuan permainan ini adalah memasukkan semua pion ke dalam “rumah” yang berada di tengah papan. 

 Di tengah papan terdapat tulisan berbahasa Belanda “Mens eiger je niet!” yang artinya “Kawan, jangan kesal,” jelas pak Frans. Kalimat itu untuk mengingatkan para pemain Ludo. Mengapa demikian? Karena untuk bisa memainkan buah pion-nya, pertama-tama pemain harus dapat mengeluarkan pion dari dalam kotaknya. Sedangkan syarat untuk bisa mengeluarkan pion dari kotak, ke 2 dadu harus menunjuk angka enam, jadi jumlah nilainya 12. Padahal untuk bisa mendapatkan double angka enam peluangnya kecil. Itu berarti pemain harus berkali-kali mengulangnya. Hal itulah yang sering menimbulkan kejengkelan pemain.
Selain Ludo, alat permainan lain adalah Scrable. Scrabble adalah permainan yang menyenangkan dan memperkaya kosakata. 

Tujuan permainan ini adalah untuk memperoleh poin terbanyak dengan menyusun huruf-huruf membentuk kata yang menyambung dengan salah satu huruf dari kata yang dibuat lawan main. Untuk bermain Scrabble, dibutuhkan minimal dua orang. Saat bermain, pemain akan membuat kata, mengumpulkan poin, menantang lawan, dan bahkan menukar huruf jika terpaksa. Sementara itu, pencatat skor akan menghitung poin semua pemain untuk menentukan pemenang dari permainan ini. Papan scrabble yang dipajang masih dalam bahasa Belanda. 

Sejak 2017 permainan tersebut jarang dimainkan oleh para suster, maka beberapa permainan diserahkan ke Museum dengan tujuan agar pengunjung tahu, memahami dan bisa merasakan permainan tersebut. Untuk yang mau bermain disediakan papan Ludo dan Scrabble baru yang dapat digunakan untuk bermain. (Bersambung ke Cerita Kerkhoff Tana Abang )

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...