Senin, 08 April 2019

Piring Sup, Bukan Piring Nasi



Piring koleksi museum yang dipamerkan di meja makan adalah piring untuk soup bukan nasi karena orang eropa tidak makan nasi. Orang eropa khususnya Belanda dan Belgia biasa makan roti tidak makan nasi. 

Kalimat itu disampaikan Pak Frans saat melihat koleksi piring yang tertata dimeja makan di area Dining Room. Fransiskus Panggih Purwoko atau Pak Frans, Jumat, 25/1/2019 bertamu ke Museum Santa Maria. Pak Frans sudah 20 tahun tinggal di Belgia dan bekerja di Universitas Leuven. Ia datang ke Jakarta karena sedang ada urusan keluarga. Karena masih ada waktu ia menyempatkan diri untuk reunian dengan teman kuliahnya di Yogya Ibu Maya guru Bahasa Inggris SD Santa Maria. Lalu Ibu Maya mengajak Pak Frans mampir ke Museum Santa Maria. 

Di area Ruang Makan itulah Pak Frans memberikan informasi penting bahwa orang Eropa tidak pernah makan nasi. Mereka makan roti. Dan piring yang mereka punya biasa untuk menampung sup sebelum disantap. Sendoknya pun lebar dan besar. Sedangkan piring untuk roti biasanya datar dan tidak ada cekungan ditengahnya.

Dari sekian banyak koleksi yang ada, menurut pak Frans, ada yang kurang atau tidak ada yaitu pisau. Ia masih penasaran kenapa pisau tidak ada dalam koleksi museum. 


Yang tersaji di lemari display berdasarkan modelnya adalah pisau untuk mentega dan pisau untuk memotong dan menyantap ikan, tidak ada pisau untuk daging seperti yang biasa digunakannya atau seperti yang ia lihat pada saat makan. Ia juga heran mengapa justru di museum ini banyak pisau untuk ikan dibanding pisau daging. Menurutnya, tradisi makan para suster dari eropa adalah menyantap daging bukan ikan. 


Informasi dari Pak Frans menambah narasi pemandu dan memancing untuk lebih banyak membaca buku. Pak Frans sendiri sebelum pulang menuliskan kontak yang bisa dihubungi agar ia mendapatkan informasi mengapa para suster eropa di Indonesia lebih suka menyantap ikan. Berdasarkan koleksi museum, muncul pertanyaan Ada apakah di Batavia (dulu) yang menyebabkan orang Belanda lebih banyak makan ikan dibanding makan daging? 


Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...