Kamis, 22 Juli 2021

Sekolah Rasa Tempat Wisata

Pembawa Acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Santa Maria saat membuka sesi perkenalan Museum Ursulin Santa Maria mengatakan bahwa siswa yang sekolah di Santa Maria beruntung karena ada museum, “Sekolah Santa Maria itu sekolah rasa tempat wisata”.

 MPLS bagi siswa/i baru Angkatan 2021/2022 dilakukan secara daring. MPLS SMP di Museum itu dilaksanakan pada Sabtu 10 Juli dan SMK pada Rabu 14 Juli.

 Dalam dua kesempatan MPLS tersebut, Suster Lucia Anggraini, OSU kepala Museum Ursulin menampilkan Sejarah singkat perjalanan karya para Suster Ursulin dalam mendidik perempuan sejak 1856 dan perkembangannya, dengan menampil-kan gambar poster History Wall.

Poster History wall sendiri sudah dipasang di area pintu masuk Kampus Santa Maria dari jalan Juanda maupun jalan Batu tulis serta di area menuju Kapel Biara.

 Museum Ursulin Santa Maria terletak di dalam area Kampus Santa Maria jalan Juanda Jakarta Pusat, dan menampilkan peninggalan para Suster Ursulin berkarya dibidang pendidikan, sejak 1856 khususnya pendidikan perempuan.
Artefak-artefak dari museum itu merupakan saksi keberadaan dan perjuangan para suster Ursulin mendidik anak-anak dan kaum perempuan di Indonesia. Museum Ursulin Santa Maria menjadi museum yang menarik dan Unik karena satu satunya museum yang menyatu dengan sekolah.

MPLS selama kurang lebih satu jam diisi juga dengan Vlog atau Video Blog mengenal beberapa ruang dan koleksi museum. Usai paparan Suster Lucia dan vlog museum, peserta MPLS diajak untuk menjawab kuis berdasarkan materi yang sudah dipaparkan. Peserta MPLS antusias mengikuti acara dan berharap bisa berkunjung ke museum usai pandemic Covid-19 berakhir.

Menurut Peraturan Pemerintah no. 15 tahun 2015 bab VII pasal 41 ayat 1 salah satu manfaat museum adalah sebagai tempat wisata. Maka tidak salah bila belajar di sekolah Santa Maria serasa belajar di tempat wisata. Semoga dengan adanya museum di Kampus Santa Maria membuat suasana belajar semakin menyenangkan dan meningkatkan prestasi para siswa.


                              ***

Groot Klooster

  Arkeolog, Bapak Candrian Attahiyyat, beberapa waktu lalu mengunjungi Museum Santa Maria. Ia menelusuri sejarah dan menikmati keindahan i...