Jumat, 16 Juni 2023

Gravy Boat with Attached Saucer



Salah satu koleksi unik di Museum Ursulin Santa Maria adalah Gravy Boat with Attached Saucer. Gravy Boat with Attached Saucer merupakan istilah untuk wadah saus.

Dalam praktek tata hidang, wadah saus ini menjadi penting karena merupakan bagian tak terpisahkan atau satu paket dengan perlengkapan tata hidang dalam tradisi Eropa. Gravy Boat with Attached Saucer tidak akan ditemukan dalam tradisi tata hidang nusantara.

Wadah saus ini memiliki warna kuning gading dan terbuat dari porselen. Secara umum permukaan berbentuk oval, di setiap sisi memiliki cekungan namun di sisi bagian ujung yang menjadi tempat aliran saus ketika dituang. Selain dituang, saus yang disajikan dalam wadah juga bisa di ambil dengan sendok.

Sebuah piring oval datar menempel permanen dengan wadah saus menjadi alas. Piring datar yang menjadi alas itu untuk mengantisipasi tumpahan saus yang tercecer. Gabungan wadah saus dengan alasnya, nampak menyerupai kapal sehingga sering disebut Sauce Boat.

Ciri lain dari sauce boat ini adalah terdapat dua garis berwarna hijau dan emas yang mengelilingi bibir luar permukaan atas sauce boat. Sementara di bagian piring alas tercetak garis warna emas saja tepat di bibir alas.

Sauce Boat ini memiliki dimensi Panjang 23.3cm Lebar 15.5cm Tinggi 9.8cm. Panjang dan lebar yang tercantum merupakan panjang dan lebar piring alas, sedangkan tinggi merupakan ukuran dari dasar sampai permukaan saus boat tertinggi. Wadah saus memiliki dimensi lebar 10 cm dan Panjang 19cm.

Di balik piring alas tercetak logo produsen berwarna hijau dengan komposisi tulisan "Victorian", dibawah tulisan Victorian, terdapat gambar mahkota dengan huruf "C" di sebelah kanannya. Tulisan "JOHNSON BROS MADE IN ENGLAND" di bawah mahkota, dan terakhir huruf "V" tercetak terpisah dan paling bawah.


Logo Victorian yang tercetak pada saus      boat koleksi museum Ursulin Santa Maria menandakan bahwa produk dari JOHNSON BROS tersebut telah berkontribusi kepada Kerajaan Inggris sejak masa pemerintahan Ratu Victoria dan di buat antara tahun 1900 -1920an 

Berdasarkan logo yang tercetak pada koleksi saus boat dan perlengkapan tata hidang lain, koleksi tersebut merupakan peninggalan biara sejak sebelum perang dunia kedua sekitar tahun 1942. 

Sumber

http://www.thepotteries.org/mark/arms/english.htm

 http://www.thepotteries.org/mark/j/johnson_brothers.html 


Edukator, Mengkomunikasikan Koleksi dan Program Edukasi

  ki-ka: Ibu Jumiati ,Bpk. Gumilar Ekalaya, Bpk. Yiyok T. Herlambang, Bpk. Mursidi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PemProv DKI Jakarta...