Sabtu, 29 Juni 2024

Habit Tanda Bakti Kepada Allah



Pada bulan Juni 2024 Museum Ursulin Santa Maria mengikuti kegiatan Biarawati Ursulin Indonesia Pengikraran Kaul Pertama dan Kaul Kekal dalam Ordo Santa Ursula (OSU). Gadis-gadis yang berkaul pertama ada lima orang. Upacara itu dilaksanakan dalam Perayaan Ekaristi Syukur pada tanggal 7 Juni 2024, bertempat di Jl. Supratman 1 Bandung.

Mereka itu menyatakan kasih setia mereka kepada Tuhan dan sesama dan berikrar untuk sementara (jangka waktu tiga tahun) dalam Kaul Keperawanan, Kemiskinan dan Ketaatan. Mereka menerima dan kemudian mengenakan tanda pembaktian kepada Tuhan busana dengan kerudung dan salib (dengan identitas khusus Ordo Santa Ursula Uni Roma).

Pada penyerahan kerudung dari Pimpinan Biarawati Ursulin Indonesia kepada mereka yang berkaul: “Terimalah dan pakailah kerudung ini sebagai tanda pembaktian dirimu kepada Allah dan sesama”. Sedang ketika menyerahkan salib Suster pemimpin berkata: “Terimalah Salib ini gambar Sang Pencipta dan Penebusmu, Yesus yang tersalib. Cintailah Dia. Anda telah memilih bagian yang terbaik dan ini tidak akan pernah diambil dari padamu".  

  

Kata-kata penyerahan salib menyatakan bahwa bagi para Ursulin khususnya dan orang Kristiani umumnya, salib adalah tanda kepercayaan dan persatuan mereka dengan Yesus Kristus yang telah wafat dan bangkit. Orang Kristiani bangga akan salib Yesus Kristus itu karena oleh-Nya mereka memperoleh keselamatan, kehidupan dan kebangkitan.

Perayaan Syukur dan Upacara Pengikraran Kaul Pertama dapat dilihat di link https://www.youtube.com/@UrsulinIndonesia. (LIVE) Perayaan Ekaristi Tri Prasetia Pertama - Jumat, 07 Juni 2024

Sedangkan untuk Pengikraran Kaul Kekal 1. Sr. Rosa Maria Cardoso OSU 2. Sr. Lusia Seniwati Lahagu OSU 3. Sr. Karolina Saltini OSU 4. Sr. Maria Grazya Ose OSU upacaranya dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Juni 2024 di Kapel Biara Ursulin Regina Pacis Surakarta Jl. Adi Sucipto No.45, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Pengikraran Kaul Kekal ditandai dengan penerimaan cincin dari pemimpin Biarawati Ursulin Indonesia kepada masing-masing. Penerimaan cincin itu disertai kata-kata:  “Suster …., terimalah cincin ini sebagai tanda bahwa anda telah terikat kepada Yesus. Hendaklah anda tetap setia pada Mempelai anda, sehingga anda dapat masuk ke Perjamuan Perkawinan dalam Kebahagiaan Abadi”. 

Perayaan Sukur dan Upacara Kaul Kekal dapat dilihat di link https://www.youtube.com/@UrsulinIndonesia. LIVE) Perayaan Ekaristi Kaul Kekal Ordo Santa Ursula - Sabtu, 01 Juni 2024

 Tentang busana dan asesori yang dikenakan para suster Ursulin, krudung dan salib serta cicin seperti dinarasikan dalam uraian di atas,  sejarahnya secara singkat dapat dilihat pada video dengan link berikut ini  atau https://youtu.be/bPdYBIWD31M 


Habit Tanda Bakti Kepada Allah

Pada bulan Juni 2024 Museum Ursulin Santa Maria mengikuti kegiatan Biarawati Ursulin Indonesia Pengikraran Kaul Pertama dan Kaul Kekal da...