Jumat, 24 Agustus 2018

SEKOLAH YANG PUNYA MUSEUM

Ini Wakasek SMK Penabur, Wakasek SMKN 2, Kepsek SMK Bunda Mulia, dan Kepsek SMK St.Paulus." Demikian Ibu Utari Kepala Sekolah SMK St Maria memperkenalkan rekan-rekannya. Para Kepala SMK di Jakarta Pusat baru saja mengadakan pertemuan berkala, yang kebetulan giliran SMK St Maria tuan rumahnya di bulan Juli 2018 yang lalu.



Kedatangan tamu para Kepala Sekolah SMK ke Museum itu atas informasi Ibu Utari yang selama ini sering bekerja sama dengan kegiatan-kegiatan di Museum. “Saya akan ajak ibu-ibu kepala sekolah untuk melihat Museum.“ katanya waktu itu. Alasan Ibu Utari mengajak rekan-rekan mengunjungi museum “Waktu itu kami rapat kepsek binaan pengawas. Lalu teman-teman penasaran dengan Museum Santa Maria bahkan ada yang sudah menunggu lama sekali untuk dapat kesempatan ke Santa Maria.”

Setelah selesai makan siang di café-Unit Produksi SMK Tata Boga, mereka langsung menuju ke Museum. Dalam kunjungan itu, Suster memandu para ibu pimpinan sekolah berkeliling museum ditemani Ibu Utari. Satu per satu ruang-ruang dengan berbagai macam koleksi yang ada di museum menarik perhatian mereka dan muncul berbagai pertanyaan dan komentar. “O..jadi begitu cerita awalnya sekolah ini.” ungkap salah seorang Ibu yang non katolik sambil mengangguk-angguk memandangi Piagam MURI. MURI untuk keberadaan sekolah putri katolik berasrama pertama di Indonesia. 

Selama kurang lebih empat puluh lima menit, rombongan menikmati berbagai benda koleksi. Rasa kagum para ibu pimpinan sekolah itu diungkapkan Ibu Utari usai kunjungan. “Bagaimana Bu Tari, tanggapan atau kesan mereka setelah berkunjung?” 

Kesannya luar biasaaa...hebat banget sekolahan punya museum" Itu kesan yang terungkap secara spontan. Sementara di buku tamu, mereka menulis “Menambah, pengetahuan agama dan perkembangan pelayanan suster. Menarik.” Tak lupa sebelum meninggalkan museum, selfie dulu.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...