Senin, 29 Oktober 2018

Baru Tau, Makanya Tertarik

Hari Ulang Tahun TNI 2018 saat jam menunjukkan pukul delapan lebih lima puluh menit, empat orang wanita berbelok ke sebuah lorong dengan papan bertuliskan “Museum Santa Maria.” 


Dengan ragu-ragu mereka melangkah sampai di depan ruang Misi. Tak lama kemudian pemandu datang menyapa. 

“Selamat pagi ada yang bisa dibantu ?” 

“Eh mau ke museum …. Katanya ada museum disini.” 

“Ooh ada bu, ibu ada di depan ruang Misi. Omong –omong ibu-ibu ini darimana” Tanya Pemandu sambal membukakan pintu ruang misi dan mempersilahkan para ibu masuk.

 “Anak kami sekolah disini udah beberapa tahun tapi baru tahu ada museum. Makanya ini terus kesini” 

"Ooo orang tua murid" Pemandu tersenyum dan mulai menjelaskan ruang misi. 

“Sebetulnya mulainya dari Ruang Angela bu, kalau Ruang Misi ini sudah masuk ruang kedua.” 

“Gapapa pak, kami juga buru-buru mau jemput anak.”

 “Loh kok buru-buru bu?”

“Iya pak, ini anak-anak lagi ujian. Jadi tadi sekalian nunggu eh pas mau jalan ke kantin lihat ada museum ya kita mampir. Kalo tau ada museum kan dari awal mending nungguin anak selesai sekolah sambil keliling museum.” Jelas seorang ibu. 

“Singkat aja pak, ini sudah jam sembilan, bentar lagi anak-anak keluar.” 

“Baik bu, jadi ruang Misi ini tempat menyimpan berbagai macam benda yang dulu digunakan sebagai penunjang karya para suster. Nah ibu bisa lihat dan silahkan dinikmati. Silahkan bertanya kalau memang ada yang ingin diketahui.

“Lanjut pak….” Serempak ibu – ibu Begitulah kalau serba cepat. Pemandu menjelaskan seperlunya saja, selebihnya diserahkan kepada pengunjung. Tetapi saat ditanya kesannya mereka semua kompak menjawab tertarik.

“Baru tau makanya tertarik.” 

“karena sekolahan ada museum.”

Tidak sampai setengah jam menikmati koleksi Museum Santa Maria. Masuk dari ruang Misi lanjut sebagian kecil ke Galeri kemudian pamit karena anak – anak mereka sudah pulang.

“Pamit pak..…. Terima kasih sudah ditemani.” 

“Saya yang berterima kasih, ibu – ibu berkenan datang berkunjung dan mendengarkan penjelasan saya meski hanya sebentar. Semoga lain kali bisa lebih lama dan puas menikmati museum.***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...