Senin, 08 Oktober 2018

Rekor MURI untuk SEKOLAH PUTRI BERASRAMA PERTAMA DI INDONESIA.


Museum Rekor-dunia Indonesia / MURI memberikan penghargaan kepada para Suster Ursuline komunitas Santa Maria Jakarta sebagai Sekolah Katolik Putri Berasrama Pertama di Indonesia.             

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Kompleks Santa Maria Jl. Juanda Raya no.29 Jakarta pada perayaan 160 tahun Ursulin di Indonesia, Sabtu 6 Februari 2016. 

Berdasarkan catatan kronik para Suster Ursulin komunitas Santa Maria di Jalan Juanda (Noordwijk) , tercatat 3 putri pertama kali diterima di asrama pada 13 Mei 1856. Dan dalam bulan Oktober di tahun yang sama, penghuni asrama tercatat sebanyak 40 orang.
Mereka ada di asrama karena orang tuanya banyak bekerja di perkebunan-perkebunan di luar kota. Ada juga yang orang tua mereka adalah tentara Belanda yang sering berpindah-pindah tugas. Pada masa itu sedang berlangsung tanam paksa atau cultuurstelsel sehingga para orang tua terpaksa meninggalkan anak-anaknya di Batavia. Masa itu banyak sekali anak-anak yatim piatu di Batavia. 

Para suster merasa sedih dan iba melihat mereka. Suster Ursula Mertens, pemimpin komunitas, sepakat membuka suatu asrama dan sekolah untuk anak miskin di daerah “Weltevreden”. Pada 18 Januari 1859 para Suster serta anak-anak asuhnya pindah ke rumah yang sudah dibeli di Jalan Pos 2. Komunitas ini dipimpin oleh Suster Andre van Gemert. Baik di komunitas Juanda maupun Jalan Pos, semua melayani anak-anak perempuan Belanda. 

Pada Mei 1859 untuk pertama kalinya para suster komunitas jalan Pos merawat seorang pribumi pertama. Seorang pribumi diusir orang tuanya. Anak perempuan itu lari ke biara dan para suster merawat dengan penuh cinta. Suster Ursula mengadopsi anak itu dan ia tinggal di asrama dengan anak-anak lain. Sejak saat itu para suster menerima perempuan dari berbagai latar suku bangsa, agama dan berlangsung terus hingga saat ini.*** (Sumber: Ursulin Pendidik Perempuan Pertama di Indonesia & Kronik Suster)

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...