Jumat, 06 Desember 2019

Walking Tour


  
Walking tour adalah salah satu model wisata masa kini, bentuknya kegiatan wisata dengan berjalan kaki menyusuri jalur tempat yang menarik. 

Destinasi wisata yang dituju ada beberapa titik dan berada dalam satu jalur searah atau berdekatan dalam satu kawasan. Karena tujuan wisata lebih dari dua titik dan durasi walking tour yang terbatas biasanya antara 3-5 jam maka waktu kunjungan hanya sebentar saja. Di setiap titik mendengar cerita singkat tentang sejarah kemudian foto sendiri dan bersama. Walking tour merupakan solusi bagi wisatawan yang menyukai eksplorasi dengan efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

Museum Santa Maria menjadi salah satu destinasi walking tour karena berada tepat di tepi jalan Juanda dan berada di tengah tengah antara Weltevreden
 (Lapangan Banteng dan sekitarnya) dengan Oud Batavia (Kawasan Kota Tua)

Sejak 2018 beberapa grup walking tour selalu datang ke Museum Santa Marias. Pada mulanya tertarik dengan gedung tua sekolah Santa Maria. setelah ditelusuri ternyata ada museum, maka Santa Maria selalu menjadi salah satu destinasi favorit walking tour.

Setiap kali kedatangan rombongan walking tour, Tour Leader berulang kali mengingatkan peserta agar tidak berlama-lama menikmati kunjungan karena rute masih panjang, dan beberapa destinasi masih banyak. Waktu yang panjang beresiko mengganggu jadwal tour dan itu berarti kerugian bagi penyelenggara. 

Rugi waktu, tenaga dan akhirnya rugi dana karena peserta complain, tour berbayar tetapi tidak sesuai rencana. Peserta akan berfikir ulang untuk ikut walking tour lagi.

Menyikapi perkembangan walking tour, dibutuhkan kerjasama yang baik antara penyelenggara dan tempat wisata yang menjadi destinasi sehingga semua pihak dapat menyiapkan diri untuk hasil yang maksimal. Misalnya informasi pendahuluan, jadwal, rentang usia, jumlah peserta lama kunjungan dan lainya. Sementara Destinasi juga perlu menyiapkan atau membuat paket–paket wisata sesuai kemampuan, dan yang tak boleh ketinggalan,  spot foto yang menggoda.***





Edukator, Mengkomunikasikan Koleksi dan Program Edukasi

  ki-ka: Ibu Jumiati ,Bpk. Gumilar Ekalaya, Bpk. Yiyok T. Herlambang, Bpk. Mursidi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif PemProv DKI Jakarta...