Selasa, 30 Mei 2023

Pentingnya Menghargai Sebuah Peninggalan Sejarah

 

Rombongan kelas V SD Vincentius Bidaracina me- ngunjungi Museum Ursulin Santa Maria pada Jumat, 19 Mei 2023. Rombongan terdiri dari enam guru pendamping serta 94 anak. Mereka tiba sekitar jam 08.20 dan langsung diarahkan ke Kapel.

Titik kumpul dipusatkan di Kapel karena keterbatasan ruang museum yang masih dalam proses renovasi. Di Kapel, Suster Marie Louise, kepala Museum menyapa rombongan dan mengucapkan salam selamat datang.

Sebelum tur museum dimulai, rombongan diajak melihat film pendek tentang museum. Dalam video singkat itu diterangkan bahwa SD Vincentius Bidaracina merupakan pekembangan dari Panti Asuhan yang dulu dikelola para Suster Ursulin di Jalan Pos.

Usai pemutaran video pendek, peserta dibagi dalam beberapa kelompok kecil. Secara bergilir, setiap kelompok memasuki ruang pamer. Pemandu menyambut dan menjelaskan sejarah awal kedatangan para Suster Ursulin dan karyanya. Durasi setiap kelompok kurang lebih sekitar 15 – 20 menit. Kelompok lain menunggu giliran dengan mendengarkan penjelasan materi video oleh Suster Marie Louise.
Seorang guru pendamping siswa mewakili rombongan menuliskan kesan di buku tamu, betapa penting menghargai warisan atau peninggalan para suster pendahulu.

Museum menjadi tempat edukasi yang dapat membantu siswa/I dalam mengenal sejarah dan memahami betapa pentingnya menghargai sebuah peninggalan sejarah yang masih ada sampai sekarang. Terima kasih Suster, Bapak, Ibu yang sudah merawat peninggalan sejarah dengan baik. Salam SERVIAM

Eartho Dgreento Sihotang dan Bent Gabriel Sinaga peserta rombongan mengungkapkan kesannya bahwa museum Ursulin Santa Maria unik “Menurut saya museum Santa Maria itu unik, bagus dan keren” tulisanya pada form kesan dan pesan para tamu. ***

Visitor Studies Cara Museum Memanjakan Pengunjung.

Pergeseran paradigma museum dari Collection oriented ke Public Oriented memaksa Museum harus berbenah dan meningkatkan kualitas pelaya...